BEIRUT, LEBANON

Beirut adalah ibu kota negara Lebanon dan juga menjadi kota terbesar di negara tersebut.
Kota ini didiami oleh 1,2 juta jiwa, tetapi bila daerah metropolitan disekitarnya dihitung menjadi 2,1 juta.
Sebelum Perang Saudara Lebanon pecah, kota ini mendapat julukan “Paris di Dunia Timur” karena suasana kosmopolitannya.
Sumber : Wikipedia

Latar belakang sejarah

Lebanon adalah negara dimana pada zaman Rasulullah disebut sebagai negeri Syams, sebagaimana Allah telah sebutkan dalam berbagai ayat dalam Al Qur’an, salah satunya adalah surah Al Isra’ ayat 1
*
“سُبْحَٰنَ ٱلَّذِىٓ أَسْرَىٰ بِعَبْدِهِۦ لَيْلًا مِّنَ ٱلْمَسْجِدِ ٱلْحَرَامِ إِلَى ٱلْمَسْجِدِ ٱلْأَقْصَا ٱلَّذِى بَٰرَكْنَا حَوْلَهُۥ لِنُرِيَهُۥ مِنْ ءَايَٰتِنَآ ۚ إِنَّهُۥ هُوَ ٱلسَّمِيعُ ٱلْبَصِيرُ”*
Artinya : “Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”

Abul Qasim As-Suhaily menyebutkan, “Kami berkahi sekelilingnya” tersebut adalah Syam yang meliputi Yordania, Syria, Lebanon, dan Palestina.

Imam Asy-Syaukany menjelaskan bahwa negeri-negeri bahagian timur bumi dan bahagian baratnya yang telah Kami beri berkah padanya adalah negeri Syam (Yordania, Syria, Lebanon, Palestina) dan Mesir.

Banyak ayat yang lainnya bahwa negeri syams adalah negeri yang diberkahi banyak para Nabi dan Rasul di utus Sana, sebagaimana nabi Ibrahim selamat dari pembakaran Api, Nabi Isa Alaihissalam selamat dari penyaliban, Nabi Musa Alaihissalam selamat dari kejaran Fir’aun. Sekarang negeri Syam terpecah menjadi sebuah negara seperti yang kita ketahui sekarang ini.

Namun belakangan ini nama Beirut semakin santer di telinga kita karena musibah yang terjadi di kota Beirut.
Yakni ledakan besar yang terjadi pada tanggal 4 Agustus 2020 menjadi musibah terbesar di kota ini, yang mengakibatkan korban jiwa dan melukai banyak korban sserta mengirimkan asap tebal ke langit.
Hal ini menjadi perhatian kita khususnya sebagai muslim/muslimah di SMP MODEL ARRIYADH INSAN CENDIKIA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *