ENGLISH DAY PROGRAM

MENGAJAK GURU-SISWA AKTIF BERBAHASA INGGRIS
RATNA-ENGLISH KORDINATOR

Bahasa adalah alat komunikasi, hanya sekedar alat untuk menyampaikan pikiran (thought), perasaan (feeling), dan kebutuhan (needs). Setiap manusia memiliki Bahasa ibu atau Bahasa yang didapat sejak mereka lahir. Tetapi seiring dengan perkembangan teknologi dan era globalisasi ternyata manusia memerlukan Bahasa lain untuk memahami ilmu pengetahuan dan teknologi. Tidak bisa dipungkiri saat ini negara-negara maju didunia adalah negara-negara yang menggunakan Bahasa inggris sebagai Bahasa pengantarnya.

Selama ini. Bahasa inggris dianggap salah satu momok oleh para siswa, sehingga dapat dipastikan Bahasa inggris merupakan pelajaran yang banyak “digemari” oleh para siswa dalam bentuk kursus maupun les.
Untuk menghapus anggapan tersebut, ditahun ini program English Day dilaksanakan di SMP Model Ar-Riyadh Insan Cendekia setiap hari selasa. Pada hari tersebut kegiatan English day dimulai dari pagi sampai dengan selesainya kegiatan pembelajaran. Kegiatan tersebut melibatkan semua warga sekolah, baik siswa/siswi mupun Ustadz dan Ustadzah. Kegiatan English day mencakup berbicara Bahasa inggris di setiap kegiatan yang dilakukan.

“Bahasa Adalah Skill Bukan Knowledge”

Kegiatan English day adalah merupakan kegiatan dasar yang melatih dan membiasakan seluruh warga sekolah untuk berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa inggris. Siswa diajak untuk kembali belajar berbicara sebagaimana saat mereka belajar berkomunikasi dimasa kecil. Sebagai ilustrasi, seorang anak yang baru lahir belum meliliki alat komunikasi, dia akan menangis saat lapar ataupun saat menginginkan sesuatu alat komunikasinya adalah “menangis” tetapi saat dia sudah mengenal kata “mak….” “kue…” maka dia tidak perlu menangis lagi, saat dia lapar, dia akan menggunakan Bahasa itu sebagai alat komunikasinya, dia akan berkata kepadaibunya “ Ibu,… Kue,….”
Bisakah kita menangkap makna dari contoh cerita diatas????. Jika seorang anak bayi saja sudah berusaha menggunakan Bahasa, walaupun 2 kata yang ia miliki, itu artinya semua orang bisa memsiswai Bahasa, termasuk Bahasa. Bukan sekedar “tahu” tetapi “bisa” dengan practice, practice, dan practice ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *