LIVE IN: OUR LIFE FOR CARING, SHARING, AND BE GRATEFUL

Kegiatan Live In merupakan kegiatan terbaru yang diadakan oleh SMP MODEL Ar Riyadh Insan Cendekia dan diikuti oleh peserta didik kelas VIII serta didampingi oleh sebelas orang guru. Kegiatan Live In perdana ini dilaksanakan di Kampung Tajur, Desa Pasanggrahan, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta pada 20-22 Februari 2020. Tujuan dari kegiatan ini adalah mengajak peserta didik SMP MODEL Ar Riyadh Insan Cendekia untuk mengenal lebih dekat dengan kehidupan di masyarakat secara lebih nyata, juga melatih ketangguhan peserta didik sebagai calon pemimpin untuk terus belajar terkait managemen diri, tim, waktu, ibadah, dan segala aktivitas yang akan dilakukan dengan tidak bergantung kepada orang tua, guru, dan fasilitas yang memadai.

Terdapat delapan rumah milik warga yang digunakan sebagai home stay peserta didik dan para guru. Di sana, peserta didik mau tidak mau harus belajar beradaptasi dan berinteraksi dengan lingkungan yang baru, khususnya keluarga yang tinggal bersama dengan mereka di home stay.

Rangkaian acara yang padat mengharuskan peserta didik untuk bisa disiplin waktu mulai dari keberangkatan, menata barang bawaan saat tiba di lokasi, mengikuti rangkaian kegiatan, ibadah, makan, berinteraksi dengan keluarga baru mereka, istirahat, sampai bangun malam untuk melaksanakan salat tahajud.

Kegiatan yang dilakukan peserta didik dalam kegiatan Live In, di antaranya adalah membantu ย orang tua asuh bekerja, seperti memetik hasil kebun (timun, bawang, buncis) dan membersihkan balai desa. Tidak hanya itu, peserta didik juga diajarkan cara membuat rengginang, wajik, gula aren, dan praktik membuat anyaman bambu. Rangkaian kegiatan tersebut ditutup dengan malam inagurasi yang di dalamnya terdapat acara pentas seni dari masing-masing kelompok, api unggun, dan bakar ikan hasil tangkapan peserta didik. Tidak lupa, guru dan peserta didik salat tahajud dan salat fardu berjamaah di masjid sekitar kampung.

Melalui kegiatan ini, semoga Allah Swt. memberikan keberkahan agar pesera didik bisa menjadi pemimpin dari generasi terbaik yang dekat dan peka dengan kehidupan masyarakat, aamiin ya Rabbal โ€˜alamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *