Sejarah Singkat

Bismillahirrohmanirrohim

Segala Puji hanya milik Allah SWT. Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada manusia agung Muhammad saw keluarga, sahabat, serta seluruh pengikutnya yang setia sampai akhir zaman.

Bersyukur dengan banyaknya sekolah-sekolah islam yang bermunculan di tengah-tengah masyarakat kita. Begitu juga dengan hadirnya Smp Model Ar Riyadh Insan Cendekia selain untuk membantu pemerintah dan orang tua dalam memberikan pelayanan pendidikan untuk Generasi Emas Indonesia. Yayasan Ar Riyadh Insan Cendekia, dengan menggandeng PT Riung Mitra Lestari sebagai Perusahaan yang bergerak di Tambang Batu Bara, yang kantor pusatnya di Komplek Bulevard Harapan Indah, memiliki kepedulian yang tinggi dalam turut berkontribusi menjadikan pendidikan Indonesia bisa lebih bermutu, menginisiasi untuk membantu pembangunan Smp Model Ar Riyadh Insan Cendekia dan dalam disain konsep pendidikannya menggandeng Lembaga Ummi Foundation Surabaya, sebagai konsultan pendidikannya

Adapun Latar Belakang Pendirian SMP Model Ar Riyadh Insan Cendekia di latar belakangi 3 (tiga) hal Utama berikut ini :

Menjaga Amanah masyarakat (ortu murid) yang telah menitipkan putra-putrinya di sekolah.
Menjadikan sekolah sebagai tempat untuk mentarbiyah (mendidik), artinya sekolah sebagai tempat untuk menggali ilmu, dan membentuk akhlak yang Mulia. Sekolah memfasilitasi pengembangan kecerdasan anak didik dalam pengetahuan umum dan agama, yang terkait dengan pondasi utama mereka yakni Aqidah dengan mendekatkan generasi Emas Muslim Indonesia untuk bisa mengenal baik Allah & Rosulnya, Mencintai Ibadahnya, Tartil membaca, menghafal, & mampu mengartikan surat-surat pilihan dalam Al Quran, dalam bahasa sederhananya Generasi Al Quran yang Cerdas yang memiliki Budi Pekerti.
Mengikuti update perkembangan zaman, dengan mendekatkan cara belajar anak didik dengan pendekatan bahasa dunia dan Teknologi. Sehingga mereka memiliki Soft Skill yang dibutuhkan untuk masa depan mereka, dalam memberikan kontribusi manfaat bagi masyarakat.
Problematika pendidikan, anak, keluarga, masyakat menjadi hal pertimbangan utama untuk menghadirkan pendidikan yang bias membantu menyelesaikan, minimal mengurangi problematika yang ada.
Yang paling utama terkait Mutu Pendidikan yang rendah, khususnya lembaga pendidikan Islam, yang masih banyak dibawah standar mutunya, baik dari aspek sarana prasarana, kebersihan, kedisiplinan, prestasi, khususnya Mutu SDMnya. Sementara tidak bisa dipungkiri Mutu Sebuah Pendidikan di pengaruhi oleh 3 komponen. Kepala Sekolah yg Handal, Guru yang Bermutu, dan Sistem Manajemen Mutu yang mempengaruhi dampak Perubahan Positif bagi Pelaku & pengguna Program. 3 komponen tersebut tidak bisa muncul begitu saja tanpa pendisainan program yang matang dan terencana. Kami sadar sesadar-sadarnya untuk mencetak Generasi Emas Muslim Indonesia yang di cita-citakan bersama tersebut tidaklah mudah, butuh tantangan, butuh komitmen kuat, serta juga cost biaya yang besar.

Sehingga 5 hal diatas menjadi perhatian kami, dalam melatar belakangi pendirian dan dalam mendisain lembaga pendidikan. Sementara perhatian terbesar kami pada aspek Pengembangan Mutu SDM, karena kami memahami bahwa titik strategis pendidikan terletak di 3 komponen di atas, dan kami terus berupaya untuk berkomitmen, setiap tahun melakukan pengembangan SDM. Kami memahami profesionalisme mengajar guru saja tidaklah cukup sebagai modal utama bagi seorang pendidik, tetapi mereka juga butuh dikuatkan nilai-nilai agamanya, nilai-nilai spiritualismenya yang harus tumbuh & terus bersemi di dada-dada para pendidik, karena mereka hidup di zaman generasi yang penuh gejolak & tantangan. Maka tidak cukup hanya memiliki kompetensi & ketrampilan mengajar saja, tetapi para pendidik harus juga dekat dengan RobNya, dekat dengan Tuhannya, agar mereka bisa mendidik generasi emas muslim Indonesia yang bisa mentrasfer pengetahuan bukan hanya singgah di otak peserta didiknya saja, tetapi harus bisa menembus sampai ke dalam hati-hati peserta didiknya. Dan itu tidak mungkin dilakukan jika guru hanya memiliki modal pengetahuan saja. Tetapi dia juga harus kuat jiwa spiritualitasnya, dekat dengan Allah SWT yang memiliki & menguasai ilmu & hati-hati manusia.

3 STRATEGI PROGRAM

Penyiapan SDM Guru yang handal dan upgradable
Pelibatan SDM guru dan manajemen dalam perencaan dan implementasi sistem.
Evaluasi yang terstrukur dan berkesinambungan terhadap proses implementasi kegiatan sebagai bahan utama pengembangan program.

Tujuan Utama dari para pendiri lembaga pendidikan Smp Model Ar Riyadh Insan Cendekia menghadirkan pendidikan yang dapat memberikan manfaat serta kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan khususnya di Bekasi, serta umumnya pendidikan di Indonesia.

Semoga Allah SWT mewujudkan lahirnya Generasi Emas Muslim Indonesia yang kelak menjadi penopang utama perjalanan Negeri yang kita cintai ini. Dimana merekalah yang kelak menjadi pemimpin negeri ini yang banyak memberikan perubahan dan warna terhadap perjalanan bangsa yang kita cintai ini.

Wassalam,

  • Siswa
  • Alumni
Students Graduate Empowered
Students are Prepared
Sa'adah
Guru Al-Qur'an
Nurlaili zikri
Guru ipa
Nur Afrima
Guru